Museum and Art Gallery Malaysia National Bank (Catatan Perjalanan)

Setahun saya di Malaysia, sudah dua kali saya mengunjungi Museum and Art Gallery yang disponsori oleh Bank Negara Malaysia. Sepintas saya pikir isi museum hanyalah uang-uang kuno yang dipamerkan tanpa ada keistimewaan.

Namun, saya salah menduga. Saat pertama mengunjungi museum ini bersama Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, saya terperangah. Bangunan yang digunakan oleh museum ini saja sudah begitu unik. Didominasi oleh bahan dasar kaca yang disusun dengan sudut kemiringan tertentu.

Memasuki museum, kami diterima dengan sangat baik oleh resepsionis yang bertugas. Saat itu kami berkunjung tanpa mengirimkan sepucuk surat pun, karena memang mendadak. Namun, hal tersebut tak mengurangi keramahan guide yang mengantar kami keliling museum. Museum ini memang menyediakan free guiding saat ada rombongan atau personal yang meminta untuk dipandu mengelilingi museum.

Kami mengawali dengan children’s gallery yang berada paling dekat dengan resepsionis lantai dasar. Kami cukup kagum, bermacam pendidikan tentang pentingnya nilai mata uang yang dibalut permainan serta visual mengasyikkan. Ada edukasi cara menabung yang baik, menggambar uang, melihat pengaman pada uang kertas, dan lain sebagainya. Perlu saya akui, desain dan teknologi yang digunakan museum ini top markotop.

Lanjut ke lantai 1, kami masuk ke diorama Islamic Finance Gallery, Economics Gallery, dan Bank Negara Malaysia Gallery. Lantai inilah yang menjadi nyawa museum ini. Diorama ini menyajikan sejarah perkembangan ekonomi dalam dunia Islam. Juga menjelaskan sejarah perkembangan mata uang di Malaysia yang mempengaruhi aspek politik dan sosial. Lagi-lagi, saya terkagum-kagum dengan desain ruangan dan teknik penyajian yang disuguhkan museum ini.

Di lantai 2, ada numismatic gallery. Semacam diorama yang menyajikan sejarah uang pada zaman dahulu. Bagaimana proses barter dilakukan sebagai mata uang. Museum ini juga menyuguhkan benda-benda tiruan yang digunakan sebagai mata uang pada masa itu. Dan di lantai 3, ada galeri lukisan yang merupakan karya seniman ternama di Malaysia.

Perlu anda ketahui, museum yang penuh dengan keunikan dan teknologi berkelas ini tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis. Untuk ukuran museum semegah ini, angka gratis adalah sebuah keajaiban. Belum lagi jika anda merasa lapar dan haus, anda bisa mampir ke kafe yang disediakan di lantai dasar museum. Harganya sangat bersahabat, meski sekilas tampak mahal, karena interior kafe mirip dengan kafe-kafe mahal lainnya.

Rasanya sayang sekali jika anda ke Malaysia, namun belum mengunjungi museum ini. Sayangnya, belum ada tranport umum yang mengantar anda ke sini. Anda masih perlu menggunakan mobil pribadi atau taksi online untuk menuju tempat ini.

Perlu informasi tentang agen tour travel di Kuala Lumpur? Bisa menghubungi kami di +6011 2137 6847 atau email [email protected]. binhadjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *